DPD Topan RI Rohil Angkat Bicara Terkait Dugaan Pengarapan Lahan Ratusan Hektare di Wilayah Serusa

Redaksi

- Redaktur

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:20 WIB

5038 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ROHIL, baranewsriau.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau akhirnya angkat bicara terkait dugaan pengarapan lahan mencapai ratusan hektare di wilayah kepenghuluan Serusa Kecamatan Bangko, Rohil.

“Terimakasih kepada rekan rekan media yang proaktif menjalani profesi mulia ini sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi ke publik, tentunya kita inginkan persoalan tersebut dapat terbuka secara terang benderang dan tidak ada upaya dari oknum yang tidak bertanggungjawab yang hanya inginkan keuntungan semata dalam pengolahan lahan mencapai ratusan hektare diwilayah itu,” Kata Yusaf Hari Purnomo ketika di konfirmasi sejumlah awak media, Minggu (23/06/2024) di Bagansiapiapi.

Ketua DPD Topan RI Rohil turut menegaskan yang mana seharusnya dalam pemanfaatan kawasan hutan untuk lahan produksi tentunya tidak menyalahkan aturan yang berlaku dan pemanfaatannya harus jelas untuk kesejahteraan masyarakat tentunya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Tidak salah lagi, sebagai sosial control rekan rekan media sangat peka terhadap informasi yang berkembang saat ini, terlebih hal itu berpengaruh besar pada kemaslahatan orang banyak, tentunya hal itu harus dapat secepatnya terbuka secara terang benderang, sehingga informasi soal pengarapan lahan di wilayah terkait secepatnya diketahui publik,” Kata Yusaf.

Ketua DPD Topan RI Rohil ikut meminta bilamana informasi tersebut benar adanya, maka Aparat Penegak Hukum (APH) terkait patut menelusuri temuan tersebut, jika ada indikasi mafia tanah dalam persoalan tersebut maka patut diberlakukan secara adil dan tegas demi kepastian hukum sebagai upaya nyata dalam memberantas mafia tanah di negeri seribu kubah ini, hal itu tentunya kami apresiasi setinggi tingginya.

Baca Juga :  Wujud Nyata Dekat Dengan Masyarakat, Ini yang dilakukan Ismail Sarlata Caleg DPRD Provinsi Riau

” Apapun itu, siapapun orangnya, jika perbuatan tersebut benar dan nyata serta dapat dikatakan menyalahi aturan maka APH harus bertindak, kami tidak akan mundur selangkahpun dalam menyatakan perang terhadap ulah mafia tanah yang berpotensi merugikan masyarakat banyak,” Tegas Yusaf mengakhiri pernyataannya.

Terpisah, Pj Penghulu Serusa Jasmin saat dikonfirmasi media menyampaikan belum mengetahui secara persis terkait dugaan pengarapan lahan ratusan hektare di wilayah desanya.

” Sementara ini Pak saya belum mengetahui hal tersebut, maklum Pak saya masih baru menjabat sebagai Pj Penghulu di Serusa ini, melihat photo yang beredar tidak ada titik koordinat yang mencantumkan titik lokasi,” Kata Jasmin.

Mesti begitu, Jasmin Pj Penghulu Serusa mengakui sebelumnya dia telah meminta informasi kepada sekretaris desa (sekdes) Serusa terkait informasi yang berkembang soal pengarapan lahan diduga mencapai ratusan hektare di wilayah desanya tersebut.

“Sebelumnya saya pernah meminta kepada sekdes saya untuk mencari tahu informasi tersebut, namun beliau juga mengatakan belum tahu,” Pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan sejumlah media online, Baru baru ini, salah satu group whatsapp beredar Vidio yang memperlihatkan 2 (dua) unit alat berat ekskavator sedang menggarap lahan yang perkiraan mencapai ratusan hektare.

Baca Juga :  Pemkep Rantau Panjang Kiri Gelar Musrenbang Tahun 2024.

Tidak saja Vidio yang memperlihatkan adanya aktivitas pengarapan lahan yang sedang berlangsung namun juga beberapa photo dokumen yang memperlihatkan luas lahan yang digarap di kawasan tersebut sangat begitu luas.

“Lokasi di Serusa satu pancang 70 juta, siap tanam dari jalan aspal 4 Km, Luas tanah yang mau di jual 100 hetare,” Kata si Pembagi Vidio dan Photo lahan tersebut,” Jumat (14/06/2024) sekira pukul 16:36 Wib.

Hal itu pun sontak direspon dari anggota yang lain di dalam group whatsapp yang bertanya dan ingin tahu terkait status kepemilikan lahan dan status kawasan hutan tersebut. Tidak berselang lama Vidio yang tersebar hilang seketika tidak bisa lagi dilihat alias terhapus dari dalam group whatsapp.

Salah satu sumber yang menyampaikan informasi terkait aktivitas pengarapan lahan yang diduga mencapai ratusan hektare di wilayah kepenghuluan Serusa, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau masih menyimpan misteri atas kepemilikan lahan tersebut.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada salah satu pihak yang berhasil di konfirmasi terkait penguasaan lahan di wilayah terkait dan status kepemilikan masih menyimpan misteri yang akan diungkap secara terang benderang. (Tim)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Personil Koramil 04/Kubu Bersama Kapolsek Hadiri Pasar Murah Di Kecamatan Kuba.
Personil Koramil 04/Kubu Ajak Warga Tingkatkan Silaturahmi.
Cegah Kebakaran Saat Musim Panas,Personil Koramil 04/Kubu Giat Patroli.
Tingkatkan Pengamanan,Personil Koramil 04/Kubu Patroli Objek Vital Nasional PHR.
Personil Koramil 04/Kubu Sosialisasi Penerimaan Bintara PK Keahlian Khusus Pertanian.
Cegah Penyebaran Penyakit,Personil Koramil 04/Kubu Cek Ternak Kambing
Jalin Silaturahmi,Personil Koramil 04/Kubu Giat Komsos.
Dukung Program Han Pangan,Personil Koramil 04/Kubu Dampingi Petani.

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:13 WIB

Jumat Curhat Wakapolres Kepulauan Meranti Duduk Ngopi Bareng Komunitas Babminton Selatpanjang

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:59 WIB

Pemkab Meranti Gelar Rapat Diseminasi dan Audit Kasus Stunting

Berita Terbaru

PEKANBARU

Danrem 031/ WB Hadiri Riau Bhayangkara Run 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 00:37 WIB